Kesehatan

Bagaimana Hospital Cash Plan Dapat Melengkapi Polis Asuransi Kesehatan Anda

Semua orang pasti tidak ada yang mau mengalami sakit secara tiba-tiba. Namun seringkali penyakit tersebut datang tanpa diundang dan tidak jarang pula tagihan rumah sakit yang diterima ketika perawatan melebihi perkiraan Anda. Ditambah lagi ada beberapa jenis layanan kesehatan yang tidak ter-cover oleh asuransi kesehatan yang Anda miliki. Selain membeli Asuransi utama, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli produk asuransi hospital cash plan sebagai proteksi tambahan jika Anda mengkhawatirkan tentang biaya perawatan di rumah sakit yang akan membengkak. Hospital Cash Plan akan membantu menutupi biaya perawatan Anda selama di rumah sakit dengan system reimbursement dan dihitung sesuai dengan jumlah hari ketika Anda dirawat dan disesuaikan dengan besaran premi harian yang telah disetujui.

Disinilah dimana Hospital Cash Plan bisa mengambil peran penting. Produk hospital cash plan dapat menjadi salah satu pilihan menarik bagi pemegang polis asuransi yang belum puas dengan batasan yang diberikan perusahaan asuransi kesehatan dalam menanggung tindakan tertentu ketika Anda mengalami sakit yang tidak terduga. Produk hospital cash plan ini menawarkan banyak sekali manfaat, terutama untuk pekerja yang ingin mendapatkan nilai tambah dari pertanggungan asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan, baik itu program asuransi swasta maupun program BPJS Kesehatan yang telah disediakan perusahaan.

Meskipun biaya rawat inap Anda tanpa uang tunai, hospital cash plan biasanya dibayarkan sebagai penggantian. Hal ini jelas menggambarkan bagaimana Hospital cash plan bisa melengkapi premi asuransi yang telah Anda miliki sebelumnya. Asuransi kesehatan biasanya memiliki batas uang pertanggungan maksimal. Ini bisa menjadi masalah serius apabila biaya rumah sakit yang dibebankan kepada pasien lebih besar daripada uang pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi, Hospital Cash Plan dapat memberikan bantuan untuk kelebihan dana tersebut sesuai dengan jumlah hari selama Anda dirawat di rumah sakit.

Hospital cash plan adalah jenis asuransi yang menanggung biaya rawat inap dan setiap tindakan dokter yang dilakukan selama dirawat. Tak hanya itu, pada beberapa penyedia asuransi, program hospital cash plan juga mencakup biaya perawatan di kamar ICU/ICCU, pembedahan, dan biaya ambulans. Memilih asuransi dengan hospital cash plan adalah hal yang bagus, karena Anda bisa melakukan beberapa klaim atas biaya pengobatan yang dilakukan.

Jenis asuransi hospital cash plan ini memiliki manfaat lain seperti kemudahan proses klaim. Anda hanya harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti data diri dan nota tagihan rumah sakit yang dibebankan kepada Anda. Kemudian Anda bisa mengajukannya kepada pihak perusahaan asuransi dimana Anda membeli produk Hospital Cash Plan. Jika telah disetujui, maka dana santunan bisa langsung dicairkan dalam tempo empat belas hari kerja.

Anda bisa membeli asuransi hospital cash plan sebagai asuransi sekunder dimana Anda bisa melakukan reimburse sejumlah premi yang Anda setujui ketika membeli produk ini sesuai dengan jumlah hari selama Anda menjalani perawatan di rumah sakit. Ini karena hospital cash plan menggunakan system reimburse dimana Anda harus melunasi tagihan rumah sakit terlebih dahulu baru nantinya pihak asuransi akan mengganti atau memberi dana santunan asuransi kepada Anda setelah Anda mengajukan klaim. Asuransi ini bisa Anda kombinasikan dengan asuransi utama Anda seperti BPJS jika Anda takut dengan adanya kelebihan biaya yang harus Anda bayarkan ketika menjalani pengobatan dan perawatan. Contohnya ketika Anda dirawat selama lima hari di rumah sakit dan Anda memiliki asuransi hospital cash plan senilai 1 juta rupiah. Meskipun biaya yang Anda bayarkan kepada rumah sakit adalah sebesar 3 juta rupiah. Anda tetap akan menerima santunan senilai 5 juta rupiah dari pihak asuransi ketika Anda mengajukan klaim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.