Asuransi

Bagaimana cara memilih hospital cash plan terbaik untuk Anda

Meskipun hari ini banyak orang yang membeli berbagai macam polis asuransi kesehatan konvensional, ada beberapa gagasan tentang polis hospital cash plan. Di sini, kami akan menjelaskan apa itu hospital cash plan dan bagaimana Anda akan mendapatkan manfaat dari premi ini.

Rencana kas hospicash atau hospital cash plan adalah rencana asuransi yang memberikan jumlah pertanggungan tetap untuk memenuhi biaya lain-lain untuk setiap hari rawat inap yang melebihi 24 jam. Anda dapat membeli paket seperti itu sebagai tambahan bersama dengan kebijakan kesehatan Anda yang ada. Abhishek Misra, CEO dan pejabat utama, Bonanza Insurance, menjelaskan, “Misalkan seseorang membeli pertanggungan hospicash yang menawarkan pertanggungan sebesar 2.000 per hari untuk rawat inap. Dalam hal ini, jika rawat inap selama dua hari, orang tersebut akan menerima sejumlah 2.000 untuk hari ke-2 rawat inap karena minimal 24 jam rawat inap diperlukan untuk klaim. Anda dapat menggunakan 2.000 untuk pengeluaran lain-lain seperti perjalanan anggota keluarga Anda atau biaya peralatan bedah, dll., yang biasanya tidak ditanggung oleh paket asuransi kesehatan dasar.”

Manfaat yang bisa diambil adalah plan asuransi kesehatan yang ada dapat memiliki sub-batas dan tidak mencakup biaya lain-lain seperti kehilangan gaji, biaya pembantu, pengeluaran rumah tangga, sinar-X, dan biaya peralatan bedah, dll. Hospital cash plan dapat membantu pemulihan biaya pengeluaran seperti itu.

Apa yang tidak tercakup? Rawat inap kurang dari 24 jam tidak tercakup dalam rencana ini. Goyal berkata, “Plan itu datang dengan pengecualian tertentu. Misalnya, penyakit yang berhubungan dengan kesuburan, cedera yang ditimbulkan sendiri, operasi kosmetik, penyakit yang sudah ada sebelumnya, pengobatan non-alopati adalah beberapa masalah umum yang dikecualikan dari rencana hospicash.”

Lalu, bagaimana cara kita menentukan hospital cash plan yang cocok untuk Anda?

Jika Anda membeli polis asuransi kesehatan yang komprehensif, ia menawarkan cakupan untuk sebagian besar biaya perawatan kesehatan Anda pada saat rawat inap. Namun, ada beberapa biaya medis ataupun non-medis tidak ditanggung oleh polis, dan ini dikenal sebagai biaya yang tidak dapat diterima. Pengeluaran-pengeluaran ini adalah barang-barang konsumsi, biaya-biaya yang berkaitan dengan anggota keluarga yang menemani, dll.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih hospital cash plan

Ada hal-hal tertentu yang harus Anda ingat saat memilih manfaat ini. Untuk dapat menentukan produk hospital cash plan yang cocok, beberapa hal ini perlu Anda pertimbangkan, yaitu:

·         Anda tetap berhak atas tunjangan uang tunai harian tanpa meminta tagihan pendukung apa pun

·         Anda pasti memerlukan bukti rawat inap yang valid minimal 48 jam atau lebih untuk menikmati manfaat ini

·         Dalam kasus yang tidak dapat diterima, maka manfaat ditolak.

·         Fitur ini menawarkan jumlah tetap selama masa rawat inap

·         Anda dapat memanfaatkan dana santunan ini sesuai kebutuhan Anda seperti memenuhi pengeluaran tambahan seperti pengeluaran rumah tangga, biaya sekolah untuk anak-anak, dll.

·         Jumlah ini juga dapat digunakan untuk mengkompensasi hilangnya pendapatan selama masa rawat inap Anda

·         Untuk menikmati manfaatnya, biasanya Anda harus dirawat di rumah sakit selama minimal 48 jam atau lebih.

·         Jenis fasilitas ini tidak ditawarkan untuk prosedur perawatan penitipan anak

·         Ada plafon 30, 60, atau 90 hari pada jumlah hari rawat inap dalam satu tahun polis

·         Setiap polis kesehatan dilengkapi dengan masa tunggu untuk menikmati manfaat cash plan di bawahnya

Itulah beberapa hal agar Anda tidak salah dalam memilih manfaat dalam pembelian polis hospital cash plan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.